CANDI UMBULL


PESONA MAGELANG
WISATA PEMANDIAN AIR PANAS CANDI UMBUL

Kabupaten Magelang memilki banyak potensi dan sumber daya alam yang belum dikembangkan secara maksimal, termasuk didalamnya di sektor pariwisata. Untuk lebih memantapkan pertumbuhan sektor pariwisata dalam rangka mendukung pencapaian sasaran pembangunan, sehingga perlu diupayakan pengembangan produk-produk yang mempunyai keterkaitan dengan sektor pariwisata. Pengembangan kepariwisataan berkaitan erat dengan pelestarian nilai-nilai kepribadian dan pengembangan budaya bangsa, dengan memanfaatkan seluruh potensi keindahan dan kekayaan alam di Kabupaten Magelang. Pemanfaatan disini bukan berarti merubah secara total, tetapi lebih berarti mengelola, memanfaatkan dan melestarikan setiap potensi yang ada, dimana potensi tersebut dirangkaikan menjadi satu daya tarik wisata.
Pembangunan bidang pariwisata diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan di bidang ekonomi. Kegiatan pariwisata merupakan salah satu sektor non-migas yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian Negara. Usaha mengembangkan dunia pariwisata ini didukung dengan UU No 10 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa keberadaan obyek wisata pada suatu daerah akan sangat menguntungkan, antara lain meningkatnya Pendapatan Asli Daerah, meningkatnya taraf hidup masyarakat dan memperluas kesempatan kerja mengingat semakin banyaknya pengangguran saat ini, meningkatkan rasa cinta lingkungan serta melestarikan alam dan budaya setempat.
Kabupaten Magelang memiliki berbagai jenis objek wisata yang beraneka ragam, contohnya Pemandian Candi Umbul. Pemandian Candi Umbul merupakan salah satu pemandian air panas dari banyak objek wisata di Kabupaten Magelang yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.Air panas ini bersumber dari mata air alam yang dapat menyembuhkan penyakit kulit, suhu airnya bisa menjadi terapi tulang, membantu melancarkan peredaran darah. Demikian juga, bahwa air panas ini bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit karena kandungan belerangnya.
Peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terbukti bahwa sektor ini telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan daerah. Untuk menciptakan kondisi obyek dan daya tarik wisata ideal yang mampu melayani berbagai kepentingan, antara lain : masyarakat, swasta dan pemerintah, diperlukan usaha penataan dan pengembangan secara optimal sesuai dengan daya dukung, daya tampung dan daya tarik wisatawan. Diharapkan sekaligus dapat merubah dan meningkatkan citra daerah menjadi tujuan wisata yang “Handayani” yaitu daerah tujuan wisata yang berdaya guna, berhasil guna dan handal. 

Saya akan memberikan informasi penting tentang "pemandian air panas Candi Umbul" yang mungkin belum anda ketahui dan akan membuat anda tertarik untuk mengunjungi "pemandian air panas Candi Umbul",yaitu sebagai berikut:


A.               Sejarah
Asal-usul penamaan Candi Umbul berasal dari kata umbul (bahasa Jawa) karena sumber air yang keluar dari dasar kolam selalu menyembul serupa gelembung-gelembung, atau yang di masyarakat Jawa disebut ''mumbul'' (naik). Kolam di situs ini terbagi menjadi dua tempat. Yang pertama (terletak di bagian atas) merupakan kolam air panas,g mengandung belerang. Sedangkan kolam kedua (lebih rendah) berisi air dingin. Keseluruhan dinding kolam terbuat dari lapisan-lapisan batu andesit. Pada zamannya, kolam ini merupakan tempat pemandian para putra-putri bangsawan. Sejumlah batuan situs berjejer di tepian kolam menggambarkan berbagai relief tumbuhan, binatang, dan stupa bagian puncak candi. Dan secara keseluruhan candi ini masih menampakan nuansa sejarahnya. Keberadaan umpak (pondasi) yang terdapat di setiap sudut dasar kolam merupakan tiang penyangga atap pelindung. Sedangkan batuan lain berbentuk lingga datar merupakan alas duduk untuk bersemadi para ksatria.


Dari relief dan beberapa petilasan bentuk lingga dan yoni di beberapa titik, membuktikan bahwa Candi Umbul merupakan candi bercorak [[Hindhu]]. Jika menilik sejarah perkembangan Kerajaan Mataram Kuno, kemungkinan besar candi ini dibangun oleh Dinasti Sanjaya yang beragama Hindhu. Tidak banyak ciri bangunan candi yang tersisa di area Candi Umbul saat kini. Namun demikian di dalam kolam terdapat beberapa batu ''umpak'' berbentuk ''lingga'' yang datar di permukaan bagian atasnya. Di samping sebagai patirtan (tempat mandi), sangat dimungkinkan keberadaan landasan batu umpak berbentuk lingga tersebut dulunya dipakai sebagai alas tempat duduk untuk bertapa kungkum atau bertapa rendam para ksatria pada masa lalu.
Yang unik dari kolam pemandian Candi Umbul adalah tidak adanya bau belerang seperti layaknya sumber air panas di objek wisata air panas lainnya. Sehingga pengunjung dapat sepuasnya berendam di tempat itu tanpa menanggung risiko. Namun belerang yang terkandung di dalamnya tetap mendatangkan manfaat menyembuhkan penyakit kulit, dan suhu airnya dapat menjadi terapi tulang dan pelancaran peredaran darah.
B.Keunikan dan Karakter Pemandian Candi Umbul Magelang

Sejumlah batuan situs berjejer rapi di tepian kolam dan menggambarkan berbagai relief binatang dan tumbuhan, ada juga stupa di bagian puncak candi. Keberadaan pindasi yang berada di sudut dasar kolam berperan sebagai tiang penyangga maupun tiang pelindung. Dan sedangkan batuan lainnya berbentuk lingga datang adalah alas duduk yang berfungsi untuk bersemadi para ksatria. Dan bila dilihat dari relief serta beberapa petilasan berbentuk lingga dan yoni di titik-titik tertentu, membuktikan jika Candi Umbul adalah candi yang bercorak Hindu.
Bila melihat dari sejarah perkembangannya Kerajaan Mataram Kuno, sangat memungkinkan bila candi tersebut dibangun pada masa Dinasti Sanjaya yang menganut agama Hindu. Tidak begitu banyak ciri bangunan candi yang bisa Anda temukan di tempat ini, namun di bagian dalam kolam terdapat cukup banyak batu “umpak” yang berbentuk “lingga” yang permukaan atasnya datar.
Di samping sebagai tempat mandi, keberadaan landasan batu umpak yang berbentuk lingga tersebut zaman dahulu digunakan sebagai alas tempat duduk para pertapa, bertapa kungkan maupun bertapa rendam ksatria.
Yang lebih unik dari kolam Candi Umbul adalah tidak adanya bau sulfur layaknya sumber pemandian air panas di kawasan wisata air panas lain, jadi Anda yang alergi bau sulfur bisa datang kapan saja ke tempat ini tanpa khawatir dengan aroma kuat sulfur. Akan tetapi, kandungan belerang yang ada di kawasan pemandian ini masih bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit, suhu airnya bisa menjadi terapi tulang, membantu melancarkan peredaran darah.
C.Lokasi
Candi ini terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk dapat mencapai objek wisata ini, bila mengendarai mobil dari arah Semarang, pengunjung dapat mengambil jalan ke kiri sebelum Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Sekitar 400 meter akan langsung sampai di lokasi. Sedangkan apabila dari arah Yogyakarta, pengunjung dapat mengambil jalan ke kanan di pertigaan Desa Krincing (sebelah utara Secang) ke arah Grabag, kemudian mengikut papan

D.Tiket Pemandian Candi Umbul Magelang
Pemandian Candi Umbul Magelang banyak diminati oleh para wisatawan dan penduduk lokal karena menawarkan pengalaman menyenangkan merasakan kehangatan alami dan obat sulfur alami dengan harga yang sangat terjangkau, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.500/orang dewasa dan 2500/anak-anak (bisa berubah sewaktu-waktu),Dan untuk yang memakai kendaraan akan dikenai biaya parker untuk mobil Rp. 3.000 dan motor Rp.1.500.



E.Fasilitas
Wisata Pemandian Candi Umbul di Kartoharjo,Magelang ,Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata sejarah yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :
- Area Parkir kendaraan
- Mushola
- Kamar mandi / MCK
- Penginapan


F.Gambar –gambar tentang Pemandian Air Panas Candi Umbul












G.Saran

Bagi para pengunjung sebaiknya :
  1. Membawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun,tissue basah, sampo, antiseptik).
  2. Membawa kamera atau handphone bagi yang ingin mengabadikan moment.

Jadi,Pemandian air panas Candi Umbul adalah salah satu obyek wisata di Kabupaten Magelang yang menarik,murah,dan bermanfaat bagi kesehatan.obyek wisata tersebut  yang harus dikembangkan agar dapat menguntungkan bagi banyak pihak,seperti menambah pendapatan warga setempat dan juga devisa Negara.



Demikian penjelasan saya tentang "Pemandian Air Panas Candi Umbul" bila ada kesalahan mohon maaf

SEMOGA BERMANFAAT!



sumber terkait





 

Komentar